Hosting Unlimited Indonesia

Pengetahuan Dasar Bisnis

Published on Februari 9th, 2017 | by SuburSetyo

0

Langkah Memulai Bisnis Online dengan Mudah

Bagaimanakah langkah awal untuk memulai bisnis online? yup pertanyaan inilah yang biasanya banyak ditanyakan oleh para pemula yang baru terjun di dunia bisnis online. Hampir seperti bisnis offline, hanya yang membedakan adalah kalau bisnis online itu medianya berupa website. Tahun 2017 ini, saya amati banyak sekali orang orang tertarik untuk memulai bisnis secara online. Buktinya sekarang bisa kita lihat di social media seperti facebook, sudah banyak orang yang berjualan secara online. Nah dari sinilah bisa kita lihat antusias orang orang mulai mengerjakan bisnis ini.

Perlu diketahui pada dasarnya bisnis online itu adalah bisnis yang dikerjakan secara online. Seperti jualan baju di facebook, instagram twitter dan media online lainnya. hal ini sudah bisa dibilang bisnis online. Bisnis online itu banyak sekali jenisnya. Saya sarankan kalau anda pemula, pilihlah jenis bisnis online yang menurut anda itu menyenangkan. Apa saja langkah yang diperlukan memulai sebuah bisnis online ? mari kita simak satu persatu ya.

  1. Tentukan Minat atau Hobi Anda

Saya sarankan tulis di kertas, daftar hobi anda. Kalau bisa sebanyak banyaknya. Kemudian dari sekian banyak hobi pilihlah salah satu yang paling anda suka dan paling nyaman melakukannya. Kalau sudah sekarang kita melangkah ke langkah nomor 2 ya.

2. Tentukan Produk atau Ide bisnis

Nah setelah anda menentukan hobi anda, sekarang saatnya anda memilih produk yang sesuai dengan minat anda. Saya kasih contoh, kalau anda suka sepak bola, maka kita bisa menentukan produk yang akan kita jual adalah bola, kaos bola, sepatu bola, bahkan lapangan futsal. Semisal anda hobi masak, anda bisa jualan produk makanan anda atau bahkan bisa menentukan produknya seperti jual kompor, penggorengan, dan alat keperluan masak lainnya. Silahkan pilih produk atau jasa yang bisa anda jual. Kemudian ikuti langkah ke 3 ya

3. Buatlah Blog atau Website

Yup, mengapa website, karena dengan adanya website maka produk anda akan terkenal. Simak cara membuat blog atau website di sini. Website ibarat toko di dunia offline.Atau anda juga bisa membuka toko gratis di tokopedia dan bukalapak. Kalaupun tidak menggunakan website, anda juga bisa menggunakan Whatsapp, BBM,Facebook, instagram dan lainnya. Tapi dengan adanya website maka akan lebih terlihat profesional. Saya sarankan buat website yang berbayar ya.  Kalau untuk belajar, pake yang gratisan dahulu ga papa. Website gratisan seperti blogspot,wordpressdotcom dan lainnya. Setelah buat website, ikutilah langkah selanjutnya.

4. Mendatangkan Pengunjung atau Traffic

Traffic atau pengunjung sangat mempengaruhi pada penjualan kita. BAyangkan saja kalau website kita pengunjungnya sedikit, maka kemngkinan kecil produk kita akan laku. Oleh karena itu kita bisa mendatangkan traffic dengan 2 cara yaitu dengan gratisan dan yg kedua dengan berbayar. Yang gratisan yaitu menggunakan social media seperti facebook, twitter, youtube, WA, BBM, LINE dan lainnya. Untuk yang berbayar kita bisa menggunakan google ads, facebook ads, instagram ads dan lain sebagainya. Untuk penjelasan ini saya akan bahas di artikel selanjutnya ya.

Yang terakhir, bila anda tidak punya produk sendiri, maka tidak ada alasan untuk tidak jualan. Jualah produk orang lain. Kita bisa jual produk orang lain dengan mengambil keuntungan dari produk itu. Dengan kata lain ini disebut juga sistem dropship.Untuk pemula yang tidak punya produk untuk dijual, maka jadilah dropshiper. Apa itu dropshiper ? Dropshiper adalah orang yang menjual produk orang lain tanpa harus menyetok dan melakukan pengiriman barang tersebut. Jadi intinya seorang dropshiper itu hanya fokus menjual barang tersebut. Untuk proses pengemasan dan pengiriman barang itu dilakukan oleh suplier kita.

Saya kasih contoh, Andi mau menjual jersey bola, tapi dia tidak punya modal untuk membeli produk tersebut untuk dijual, maka si Andi mencari suplier untuk join dengannya. Setelah andi dapat suplier, dia menjual jersey tersebut lewat BBM, Toko Online, Bukalapak,Tokopedia,Facebook dan lainnya. Setelah ada pembeli , si Andi kemudian membeli ke suplier untuk dikirimkan ke pembeli tadi. Dan suplier mengirimkan jersey ke pembeli tersebut atas nama Andi. Mudahkan kan. Tentunya Andi menaikan harga dari suplier untuk mengambil keuntungan dong. Nah itulah sederhananya dropship. Yuk, langsung praktekan sekarang ya.

Tags: , , , , , ,


About the Author

adalah internet marketer yang sudah menekuni bisnis online sejak tahun 2013. Bisnis yang dijalankan antara lain, E-commerce, Affiliate marketing, PPC, PPS, Dropshiping dan lainnya.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑