Hosting Unlimited Indonesia

Dropship

Published on Februari 10th, 2017 | by SuburSetyo

1

Dropship adalah ? Apa itu Dropship ?

Hai sobat, kali ini saya akan mencoba berbagi tentang salah satu jenis binis online yaitu Bisnis Dropship. Apa itu dropship ? Dropship adalah kegiatan menjual produk orang lain, dimana kita tidak mempunyai produk tersebut, dan yang melakukan packing dan pengiriman adalah suplier dimana nama pengirimnya adalah kita. Jadi dalam hal ini seolah olah kitalah yang mempunyai produk tersebut. Dewasa ini yaitu tahun 2017, banyak sekali para pemula mulai berbisnis dropship. Menurut pengamatan saya karena bisnis ini mudah, dan tanpa modal yang banyak. Bahkan anak SMP saja sudah menjadi seorang dropshiper. Nah apa itu dropshiper ? dropshiper adalah orang yang melakukan bisnis dropship. Baik untuk lebih jelasnya silahkan lihat skema berikut ini ya.

dropship

skema dropship

Yap bisa kita lihat di atas bahwa ketika seorang pembeli beli produk kita maka tugas kita adalah membeli produk ke suplier tentunya kita sudah mengambil margin atau untung dan kemudian si suplier akan melakukan packing dan pengiriman produk tersebut atas nama kita sebagai pengirimnya. Jadi seolah olah kita yang melakukan pengiriman tersebut. Nah sudah mulai paham kan.

baner

Silahkan simak video berikut ini ya,

Bisnis mudah bila anda sudah mulai action. Artinya segera praktekan apa yang telah anda pelajari dari artikel ini. Bila masih bingung, yuk simak langkah yang harus kita lakukan untuk melakukan bisnis dropship ini.

  1. Tentukan produk

Pilih produk yang akan kita jual, cara menemukan produknya silahkan teman teman lihat di tokopedia atau bukalapak ya. Silahkan pilih produk apa yang mau dijual. Pastikan sehari sudah dapat menentukan produk yang mau dijual ya. Ingat sebisa mungkin produknya bagus. Kalau bingung, coba anda cari produk yang sesuai dengan hobi anda ya. Oke saya anggap anda sudah menemukan produk, kita lanjut ke langkah yang kedua.

2. Temukan Suplier

Setelah kita menemukan produk yang bagus, maka kita cari supliernya. Di tokopedia ada banyak sekali supliernya. Silahkan pilih yang menurut anda paling bagus. Suplier yang bagus biasanya pelayanannya cepat. Anda bisa lihat dibagian pengirimannya, kemudian lihat review tokonya dan kecepatan membalas diskusi. Carilah suplier yang selalu meng update stok barangnya, sehingga kita tidak perlu menanyakn stok kepada suplier tersebut. Caranya lihat di bagian catatan, disitu biasanya suplier menjelaskan bahwa stok yang di etalase berarti ada , ini di tokopedia ya, ingat ini saya sedang menjelaskan cara mencari suplier di tokopedia ya teman2. Terus bisa dilihat juga diketerangan deskripsi produk, biasanya mencantumkan stok yang tersedia. Nah setelah anda menemukan suplier silahkan perhatikan langkah ketiga ya teman2.

3. Buat Toko Online

Kalau masih pemula dan belum banyak modal, gunakan yang gratisan aja dulu. Daftar di bukalapak dan Tokopedia aja. Buka toko online gratis di marketplace itu. Yang penting rajin upload produk, Insya Alloh banyak yang beli. Kalau sudah punya modal cukup, silahkan buka toko online sendiri menggunakan domain dan hosting biar terlihat profesional. Kalaupun tidak pakai toko online, anda bisa langsung jualan menggunakan BBM,Facebook, WA, Instagram atau yang lain.

4. Pasarkan Produk

Nah setelah anda punya produk dan suplier serta buka toko online,maka saatnya memasarkan produk tersebut secara online. Ada 2 cara memasarkan produk tersebut yaitu secara berbayar dan yang kedua secara gratisan. Yang berbayar anda bisa beriklan di Facebook menggunakan facebook ads, iklan di google menggunakan google ads kalau di instagram menggunakan instagram ads. Anda juga bisa gunakan yang gratis menggunakan BBM, WA, Facebook pribadi dan juga di tokopedia serta bukalapak. Nah semua langkah sudah dilakukan, sekarang anda harus rajin upload produk ke media tersebut

Yang terakhir sebagai penutup, layani pembeli dengan baik, kalaupun dimarahi atau komplain, tanggapilah dengan sabar. Intinya kita jualan itu membantu orang tapi dibayar. Jadi kalau ada yang komplain, sikapi dengan baik. Minta maaf saja dan dengan kata yang ramah. Insya Alloh walaupun ga jadi beli, mungkin lain kali mereka akan beli.

Tips, kalau ada customer memberikan testimoni, maka simpan testimoni tersebut untuk mendongkrak omset anda. Yup sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat. Artikel selanjutnya yaitu Mindset / Mental dasar yang harus dimiliki seorang dropshiper klik di sini ya.

 

Tags: , , , ,


About the Author

adalah internet marketer yang sudah menekuni bisnis online sejak tahun 2013. Bisnis yang dijalankan antara lain, E-commerce, Affiliate marketing, PPC, PPS, Dropshiping dan lainnya.



One Response to Dropship adalah ? Apa itu Dropship ?

  1. Pingback: Cara agar jualan online laris di instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑