Hosting Unlimited Indonesia

Tutorial

Published on Mei 17th, 2017 | by SuburSetyo

0

Cara pembatalan tiket kereta api dan cara pengembalian uangnya

Mudik menggunakan kereta api adalah hal yang paling diminati oleh para perantau. Apalagi sebentar lagi lebaran. Biasanya tiket lebaran sudah habis terjual pada h – 90 hari, karena memang tiket sudah bisa dipesan pada waktu -90 hari atau 3 bulan sebelum keberangkatan. Sama juga seperti di hari biasa, pemesanan bisa dilakukan h-90.

Anda juga bisa booking tiket kereta api di sini, pilih yang kereta api

Untuk mendapatkan tiket kereta di hari hari biasa paling tidak kita harus memesan 1 minggu sebelum keberangkatan karena biasanya kalau dadakan akan susah dapatnya. Oleh karena itu diperlukan rencana yang matang.

Namun terkadang rencana sudah dirancang dan tiket kereta sudah dipesan tiba tiba gagal karena sesuatu hal. Tetapi jangan khawatir, karena kita bisa membatalkan tiket tersebut. Namun perlu diketahui bahwa dana akan terpotong 25% dari total harga tiket.

Saya kali ini ingin berbagi tentang cara membatalkan tiket kereta api. Adapun langkahnya yaitu sebagai berikut.

1. Membatalkan sendiri

Persyaratannya

a. Datang ke stasiun kereta api

Untuk membatalkan tiket anda harus ke stasiun, tidak bisa secara online. Biasanya di stasiun yang besar. Pembatalan tidak harus di stasiun keberangkatan.

b. Mengambil Nomor Antrian

c. Mengisi Formulir Pembatalan

Form pembatalan berwarna merah dan berisi kolom pembatalan. Isilah data tersebut. Mintalah kepada petugas atau satpam di stasiun.

d. Memberikan semua data yang dibutuhkan ke loket pembatalan

yaitu identitas asli dan foto copy pemesan tiket, serta form pembatalan. Identitas bisa berupa ktp ataupun sim.

Nah itulah cara pembatalan tiket kereta api yang pertama.

2. Mewakilkan ke orang lain

Syaratnya yaitu

a. Membuat surat kuasa

Pada intinya isi dari surat kuasa tersebut adalah penumpang memberikan  kuasa kepada orang yang ditujuk untuk pembatalan tiket kereta tersebut.

b. Membawa kartu identitas asli dan foto copy, contohnya membawa ktp asli dan foto kopi penumpang dan orang yang membatalkan.

c. Datang ke stasiun

d. Mengambil antrian

e. Mengisi form pembatalan

Form pembatalan berwarna merah dan berisi kolom pembatalan. Isilah data tersebut. Mintalah kepada petugas atau satpam di stasiun.

f. Menyerahkan data yang sudah disiapkan ke loket pembatalan

Nah itulah 2 cara pembatalan tiket kereta api. Adapun pengembalian dana ada dua cara yaitu secara tunai dan secara transfer. Untuk pengembalian secara tunai, maka membutuhkan waktu 30 hari kerja sedangkan transfer adalah 45 hari kerja.

Seperti saya sebut di awal bahwa dana akan terpotong 25% dari total harga tiket. Anda akan mendapat form untuk pengambilan dana tersebut. Berikut form nya

20170516_212716

Sekian informasi tentang cara membatalkan tiket kereta api dan cara pengembalian dananya. Semoga bermanfaat ya. Bila anda kesulitan dalam proses pemesanan tiket, saran saya beli tiket secara online saja. Anda bisa memesannya disini

Tags: , ,


About the Author

adalah internet marketer yang sudah menekuni bisnis online sejak tahun 2013. Bisnis yang dijalankan antara lain, E-commerce, Affiliate marketing, PPC, PPS, Dropshiping dan lainnya.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑